KEBIJAKAN PRIVAsI
1.
Pengantar
Aplikasi Digital Summarecon
Mall (“Aplikasi”) yang
disediakan oleh PT Satu Summarecon Sukses (“TRIPLE-S”) selaku pengelola Aplikasi yang bekerja sama dengan pihak-pihak
terkait dalam rangka penyelenggaraan Aplikasi ini. TRIPLE-S sangat menjunjung tinggi nilai integritas dalam menghargai
dan melindungi setiap data atau informasi pribadi yang
diserahkan oleh pengguna terdaftar (“Member”) dalam Aplikasi ini.
Kebijakan Privasi ini (beserta Syarat dan Ketentuan serta Syarat dan Ketentuan Program Loyalti yang
berhubungan denguan Aplikasi) menetapkan dasar atas
perolehan, pengumpulan, pengolahan, analisis, penampilan, pengumuman, publikasi, perbaikan,
pembaruan, pengubahan, transfer,
penyebarluasan, pengungkapan, penghapusan dan/atau segala
bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi pribadi yang Member berikan kepada TRIPLE-S, termasuk data pribadi Member, baik pada saat Member melakukan
pendaftaran di Aplikasi, mengakses Aplikasi, maupun mempergunakan
layanan-layanan pada Aplikasi ("Data Pribadi").
Dengan mengakses dan/atau mempergunakan layanan Aplikasi, Member menyatakan
bahwa setiap informasi yang diberikan oleh Member merupakan data yang akurat, benar, dan sah, dan terbarukan, serta Member memberikan persetujuan kepada TRIPLE-S untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan,
mengubah, menganalisa, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut
sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan
Aplikasi.
2.
Perolehan dan Pengumpulan Data
Pribadi Member
Ketika
Member menggunakan Aplikasi, TRIPLE-S mengumpulkan Data Pribadi
Member (termasuk namun tidak terbatas pada informasi elektronik dalam bentuk
teks, suara, gambar dan bentuk lainnya yang serupa) dengan tujuan untuk
memproses transaksi Member, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Aplikasi,
serta tujuan-tujuan lainnya sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan serta Syarat dan Ketentuan Program Loyalti yang berhubungan dengan Aplikasi sebagaimana diperbolehkan oleh hukum dan/atau peraturan perundang-undangan
yang berlaku. Adapun Data Pribadi Member yang dikumpulkan adalah sebagai
berikut:
2.1.
Data Pribadi yang diserahkan secara
mandiri oleh Member, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan
pada saat Member:
2.1.1.
Membuat atau memperbarui akun pada Aplikasi termasuk diantaranya nama Member (baik nama asli
maupun username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan
lain-lain;
2.1.2.
Menghubungi TRIPLE-S sehubungan dengan penggunaan Aplikasi, termasuk layanan
konsumen;
2.1.3.
Memberikan Data Pribadi yang diperlukan
sehubungan dengan Program Loyalti;
2.1.4.
Mengisi survei yang dikirimkan oleh TRIPLE-S;
2.1.5.
Mempergunakan layanan-layanan atau fitur manapun pada Aplikasi sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan Aplikasi;
2.1.6.
Apabila ada layanan pembayaran pada
Aplikasi dan diperlukan
oleh sistem pembayaran maupun Aplikasi, mengisi data-data untuk keperluan pembayaran pada saat Member melakukan aktivitas transaksi pembayaran dan
diunggah melalui Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada cara pembayaran,
data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet
banking, gerai ritel; dan/atau
2.1.7.
Menggunakan fitur yang membutuhkan izin
akses terhadap perangkat Member pada Aplikasi.
2.2.
Data Pribadi yang terekam pada saat Member
mempergunakan Aplikasi maupun pada saat mendaftarkan diri untuk mempergunakan
Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
2.2.1.
Data identitas Member seperti, antara lain, KTP/KITAS/Passpor,
Kartu Keluarga dan/atau Kartu Pelajar;
2.2.2.
Khusus bagi pemilik atau penyewa Properti pada Summarecon
Group, data kepemilikan kendaraan dan Properti Member seperti, antara lain, Surat
Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Akta Jual
Beli (AJB) serta Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Dokumen Sewa Menyewa Properti maupun
dokumen-dokumen yang berkenaan dengan properti seperti surat kuasa dari
pemilik, dokumen-dokumen jaminan properti pada Bank maupun pihak ketiga lainnya
serta dokumen-dokumen terkait lainnya;
2.2.3.
Data lokasi riil atau perkiraannya
seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
2.2.4.
Data berupa waktu dari setiap aktivitas Member,
termasuk aktivitas pendaftaran, login, transaksi, dan lain sebagainya;
2.2.5.
Data penggunaan atau preferensi Member,
diantaranya interaksi Member dalam menggunakan Aplikasi, pilihan yang disimpan,
serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi
serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
2.2.6.
Data transaksi yang detail, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan
yang dibeli atau digunakan dalam Aplikasi, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah
transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya, apabila
fitur Aplikasi memungkinkan dilakukannya hal demikian;
2.2.7.
Data perangkat, diantaranya jenis
perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat
keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya,
pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi
gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler;
2.2.8.
Pengidentifikasi terminal seluler,
informasi lokasi, nomor keanggotaan EP, akses informasi ke Aplikasi, dan
informasi lainnya berdasarkan penggunaan Aplikasi oleh Member; dan/atau
2.2.9.
Data catatan (log), diantaranya
catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan
waktu akses, fitur Aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja Aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau aplikasi atau layanan pihak ketiga yang Member gunakan sebelum menggunakan Aplikasi.
2.3.
Data Pribadi yang diperoleh dari sumber lain,
termasuk:
2.3.1.
Summarecon Group, termasuk data dan informasi terkait
kepemilikan dan/atau sewa-menyewa properti Member pada Summarecon Group serta
informasi lain yang mungkin dapat diminta dan diserahkan oleh Member sehubungan
dengan suatu transaksi dengan Summarecon Group;
2.3.2.
Mitra usaha TRIPLE-S yang turut membantu dalam mengembangkan dan menyajikan
layanan-layanan dalam Aplikasi kepada Member, antara lain mitra penyedia
layanan pembayaran, infrastruktur Aplikasi, dan mitra-mitra lainnya;
2.3.3.
Mitra usaha TRIPLE-S yang menyediakan layanan yang mendukung dan/atau memfasilitasi Member membuat atau mengakses akun TRIPLE-S pada Aplikasi, seperti layanan media sosial, periklanan, atau situs/aplikasi yang menggunakan Aplikasi ini;
2.3.4.
Penyedia layanan finansial apabila
Aplikasi memungkinkan adanya layanan finansial baik menggunakan infrastruktur
Aplikasi sendiri maupun bekerjasama dengan pihak ketiga yang merupakan penyedia
layanan finansial;
2.3.5.
Penyedia layanan pemasaran
dan periklanan, analis data skala besar, artificial intelligence, dan penyedia
layanan pihak ketiga lain; dan
2.3.6.
Sumber yang tersedia secara umum.
Dengan menyetujui
Kebijakan Privasi ini, Member mengonfirmasi bahwa Member telah mengizinkan
pengumpulan, penyimpanan, pengiriman, pengelolaan, dan penyampaian seluruh Data Pribadi yang telah Member
serahkan kepada TRIPLE-S sebelum Member mulai menggunakan Aplikasi. Member
dengan ini membebaskan TRIPLE-S atas segala tanggung jawab hukum serta tidak
akan melakukan penuntutan atau gugatan secara hukum terkait dengan pengumpulan,
penyimpanan, pengiriman, pengelolaan serta penyampaian seluruh data pribadi Member
oleh TRIPLE-S sebelum Member mulai menggunakan Aplikasi.
2.4 Jika
dengan alasan apapun Member menyampaikan, mengirimkan, mendistribusikan atau
dengan cara lain apapun memberikan akses kepada TRIPLE-S suatu informasi
pribadi milik pihak ketiga, Member dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa
informasi pribadi milik pihak ketiga tersebut telah diperoleh, dikirimkan,
disampaikan, atau dengan cara apapun dibuka aksesnya dengan persetujuan dari
pihak ketiga tersebut dan dengan cara yang sesuai dengan hukum dan/atau
peraturan perundang-undangan yang berlaku. Member dengan ini menyatakan akan
bertanggungjawab secara penuh dan membebaskan TRIPLE-S dari segala
tanggungjawab atas penyampaian, pengiriman, pendistribusian atau pengungkapan
informasi pribadi yang menyangkut pihak ketiga yang disampaikan kepada TRIPLE-S.
3.
Penggunaan Data
Pribadi
TRIPLE-S dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian Data Pribadi yang
diperoleh dan dikumpulkan dari Member sebagaimana disebutkan dalam bagian
sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:
3.1
Memproses segala bentuk permintaan,
aktivitas maupun unggahan transaksi yang dilakukan oleh Member melalui Aplikasi,
termasuk untuk pelaksanaan Program Loyalti.
3.2
Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan,
mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan TRIPLE-S, termasuk:
3.2.1
Menawarkan, memperoleh, menyediakan,
atau memfasilitasi layanan reward, parkir, directory, maupun
produk-produk lainnya melalui Aplikasi termasuk memberikan informasi mengenai
adanya penjualan, acara (event) serta kampanye produk atau jasa yang
disediakan oleh TRIPLE-S, Summarecon Group dan/atau perusahaan lain yang ditunjuk
oleh Summarecon Group;
3.2.2
Memungkinkan fitur untuk mempribadikan
atau personalisasi akun Member pada Aplikasi, seperti Wishlist dan Toko
Favorit; dan/atau
3.2.3
Melakukan kegiatan internal yang
diperlukan untuk menyediakan serta memaksimalkan layanan pada Aplikasi, seperti
pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan
analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis
kecenderungan penggunaan dan aktivitas serta hal-hal lainnya yang mendukung
layanan Aplikasi;
3.3
Membantu Member pada saat berkomunikasi
dengan customer service atau layanan konsumen Aplikasi, diantaranya
untuk:
3.3.1
Memeriksa dan mengatasi permasalahan Member
dalam menggunakan Aplikasi;
3.3.2
Mengarahkan pertanyaan Member kepada
petugas customer service atau layanan konsumen yang tepat untuk
mengatasi permasalahan;
3.3.3
Mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan
Aplikasi; dan
3.3.4
Membantu member sehubungan
dengan penggunaan Properti
3.4
Menghubungi Member melalui email,
surat, telepon, fax, aplikasi layanan konferensi video dan lain-lain,
termasuk namun tidak terbatas, untuk notifikasi, otentikasi, menyediakan Informasi tentang produk
dan layanan yang dikelola oleh TRIPLE-S, Summarecon Group dan Tenant serta membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian
kendala.
3.5
Menggunakan data yang diperoleh dari Member untuk tujuan penelitian, riset
pemasaran, statistik, analisis, pengembangan dan pengujian
produk, analisis pengukuran efektivitas periklanan termasuk guna meningkatkan
keamanan dan keamanan layanan-layanan pada Aplikasi, serta mengembangkan fitur
dan produk baru.
3.6
Menginformasikan kepada Member terkait
produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara
dan lain-lain, baik melalui Aplikasi maupun melalui media lainnya. TRIPLE-S juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk
mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta
menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan TRIPLE-S, Summarecon Group dan mitra usahanya yang merupakan bagian dari Program
Loyalti Aplikasi dan Program Loyalti Summarecon Home Apps.
3.7 Peningkatan dan pengembangan produk dan kualitas layanan pelanggan dan
lainnya;
3.8
Melakukan monitoring ataupun
investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang
terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat
dan Ketentuan dari Aplikasi serta Syarat dan Ketentuan Program
Loyalti yang berhubungan dengan Aplikasi, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut
dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.
4.
Pengungkapan Data Pribadi
4.1.
TRIPLE-S menjamin bahwa tidak ada
penjualan, pengalihan, pembagian atau peminjaman atas Data Pribadi Member kepada
pihak ketiga lainnya, tanpa adanya izin atau persetujuan dari Member, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:
4.1.1
Untuk kepentingan (i) Summarecon Group sebagai pengendali
Data Pribadi maupun (ii) mitra atau pihak ketiga lainnya dari TRIPLE-S sebagai yang membantu sehubungan dengan penyediaan layanan Aplikasi, pengolahan data, dan memproses segala bentuk aktivitas Member dalam Aplikasi, termasuk
memproses transaksi, verifikasi transaksi maupun keanggotaan dan Program Loyalti;
4.1.2
TRIPLE-S dapat menyediakan Data
Pribadi yang relevan kepada mitra usaha TRIPLE-S untuk memfasilitasi
penggunaan layanan mitra usaha oleh Member, termasuk diantaranya aplikasi atau situs web lain yang telah terintegrasi atau terhubung dengan Aplikasi atau
layanannya (termasuk yang berhubungan dengan sistem pembayaran, apabila ada),
atau mitra usaha yang mana TRIPLE-S telah bekerjasama untuk
melakukan promosi, kontes, atau layanan yang berkaitan dengan Aplikasi;
4.1.3
Untuk melakukan koordinasi dengan mitra usaha TRIPLE-S sehubungan dengan mitigasi risiko, penyelesaian kendala atau hal-hal lain yang TRIPLE-S anggap perlu untuk
melindungi kepentingan Member; dan/atau
4.1.4
Untuk penyediaan informasi yang relevan
kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma serta lembaga riset, atau
penyediaan layanan sejenis untuk tujuan-tujuan lainnya yang diatur dalam Pasal 3 (Penggunaan Data Pribadi).
4.2.
Member mengizinkan TRIPLE-S untuk mengalihkan, mengungkapkan, mengolah dan memproses Data
Pribadi Member di luar wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia sepanjang
diperkenankan oleh ketentuan-ketentuan hukum dan/atau peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
4.3.
TRIPLE-S dapat mengungkapkan Data
Pribadi Member untuk mematuhi ketentuan-ketentuan hukum dan/atau peraturan
perundang-undangan, adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum serta sehubungan
dengan adanya proses hukum pada lembaga peradilan maupun karena adanya putusan
pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
4.4.
TRIPLE-S akan mengambil segala
langkah yang wajar dan diperlukan untuk melindungi Data Pribadi Member yang diungkapkan atau dialihkan kepada
pihak ketiga manapun dengan standar perlindungan yang setara dengan ketentuan Kebijakan
Privasi ini.
5.
Cookies
5.1.
Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam
perangkat Member yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun
konfigurasi Member selama mengunjungi suatu situs web.
5.2.
Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses
data lain yang Member miliki di perangkat komputer Member, selain dari yang
telah Member setujui untuk disampaikan.
5.3.
Walaupun secara otomatis perangkat
komputer Member akan menerima cookies, Member dapat menentukan pilihan
untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Member yaitu
dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat membatasi
layanan optimal pada saat melakukan akses ke Aplikasi).
5.4.
TRIPLE-S menggunakan fitur Google
Analytics Demographics and Interest. Data Pribadi yang TRIPLE-S peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin,
minat Member dan lain sebagainya, akan TRIPLE-S gunakan untuk
pengembangan Aplikasi beserta kontennya. Jika Member tidak ingin datanya
terlacak oleh Google Analytics, Member dapat menggunakan Add-On
Google Analytics Opt-Out Browser.
5.5.
TRIPLE-S dapat menggunakan
fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan
dan konten Aplikasi, termasuk diantaranya adalah penyesuaian dan penyajian
iklan kepada setiap Member berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Member
tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Member dapat
mengaturnya melalui browser.
6.
Pilihan Member dan Transparansi
6.1.
Perangkat seluler pada umumnya (iOS,
Android, dan sebagainya) memiliki pengaturan sehingga Aplikasi tidak dapat
mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Member. Perangkat iOS akan
memberikan pemberitahuan kepada Member saat Aplikasi pertama kali meminta akses
terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan
pemberitahuan kepada Member saat Aplikasi pertama kali dimuat dan Member diminta
untuk memberikan persetujuan terhadap pemberitahuan tersebut pada saat Aplikasi
pertama kali meminta akses terhadap data tersebut (untuk Perangkat iOS) atau
pada saat Aplikasi pertama kali dimuat (untuk perangkat Android).
6.2.
Member dapat mengakses dan mengubah
informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis
kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank bilamana Aplikasi
menyediakan fitur-fitur tersebut serta Data Pribadi lainnya melalui fitur
Pengaturan pada Aplikasi apabila Aplikasi memiliki fitur pembayaran.
6.3.
Member dapat menarik diri dari informasi
atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau
pesan pribadi yang dikirimkan oleh TRIPLE-S melalui fitur Pengaturan
pada Aplikasi. TRIPLE-S tetap dapat mengirimkan
pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun
Member.
6.4.
Sejauh diizinkan oleh ketentuan hukum
dan/atau peraturan perundangan-undangan yang berlaku, Member dapat menghubungi TRIPLE-S untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan,
pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data Pribadi Member. Dalam hal tersebut, Member memahami konsekuensi bahwa Member tidak dapat
menggunakan layanan Aplikasi maupun layanan Perusahaan yang terkait lainnya.
7.
Penyimpanan
TRIPLE-S tidak akan menyimpan Data Pribadi Member lebih lama dari
yang dibutuhkan sebagaimana diuraikan untuk memenuhi tujuan penggunaan
sebagaimana diatur dalam Pasal 3 dari Kebijakan Privasi
ini dan sebagaimana dipersyaratkan oleh ketentuan hukum dan/atau peraturan perundangan-undangan yang berlaku yang berkenaan dengan retensi Data
Pribadi.
8.
Penghapusan Data
Pribadi
Member
dapat meminta TRIPLE-S untuk melakukan
penghapusan Data Pribadi sesuai kebutuhan dan dengan disertai alasan dan data pendukung
yang sah termasuk untuk menghubungi TRIPLE-S sehubungan dengan penggunaan Data Pribadi pada alamat sebagai
berikut:
PT Satu Summarecon Sukses
Plaza Summarecon, Jalan Boulevard Gading Serpong
Blok M.5 No. 3, Pakulonan Barat, Kelapa Dua
Tangerang, Banten
atau
dengan
menghubungi email kami csapps@summarecon.com
9.
Pemberitahuan Kebocoran
TRIPLE-S selalu memastikan bahwa Data Pribadi Member dilindungi
sepenuhnya dengan seluruh kemampuan TRIPLE-S. Namun jika Data Pribadi Member bocor yang disebabkan oleh
tindakan di luar kendali TRIPLE-S, Member mengizinkan TRIPLE-S untuk memberitahu Member melalui sarana elektronik mengenai
kebocoran Data Pribadi tersebut.
10.
Perubahan Kebijakan Privasi
TRIPLE-S dapat sewaktu-waktu dengan kebijakan TRIPLE-S sendiri melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Dalam hal tersebut, TRIPLE-S akan meminta Member untuk membaca secara seksama dan
memeriksa perubahan atau pembaruan Kebijakan Privasi dan
Member akan diminta untuk memberikan persetujuan atas pembaruan atau perubahan Kebijakan Privasi ini. Apabila Member tidak
memberikan persetujuannya, maka Member tidak dapat menggunakan Aplikasi ini.
11.
Persetujuan Kebijakan
Privasi
Dengan melakukan click setuju
pada form atau column persetujuan terhadap Kebijakan Privasi ini,
Member memberikan persetujuan kepada TRIPLE-S untuk menggunakan Data
Pribadi Member sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini.